NHW #5

Assalamu'alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

Tidak terasa sudah pekan ke 5 membersamai
Pekan ini saya diminta untuk membuat satu grand desain pembelajaran
Which is saya kurang ngerti, makanya tugas ini telat dibuat, selain karena ada satu dan lain hal saya meminta dispensasi
Baiklah, langsung saja

Pembelajaran merupakan proses transfer ilmu yang melibatkan sistem dalam dunia pendidikan yaitu; guru/pendidik, peserta didik, materi, tujuan dan alat.
Untuk mencapai tujuan atau hasil yang sesuai, perlu adanya cara atau metode untuk menjawab tantangan-tantangan yang muncul seiring dengan berkembangnya waktu.
Maka, muncullah cara atau metode yang disebut perencanaan dan desain pembelajaran yang diharapkan akan lebih memudahkan proses belajar mengajar

Jujur, sebagian besar tulisan ini berasal dari googling, terutama untuk menjawab apa itu desain pembelajaran.
Terima kasih kepada mba Isna (https://www.google.com/amp/s/isnaizakiya29.wordpress.com/2014/05/24/desain-pembelajaran-perencanaan-pembelajaran-dan-kurikulum/amp/) yang telah membuka mata saya tentang apa itu desain pembelajaran.

Salah satu pengertian desain pembelajaran secara istilah adalah Suatu proses desain dan sistematis untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, serta membuat kegiatan pembelajaran lebih mudah, yang didasarkan pada apa yang kita ketahui mengenai teori-teori pembelajaran, teknologi informasi, sistematika analisis, penelitian dalam bidang pendidikan, dan metode-metode manajemen (Morisson, Ross&Kemp 2007).

Lalu bagaimana desain pembelajaran yang saya buat?
Kembali kepada blog mba Isna, maka disitu terdapat beberapa pertanyaan terkait desain pembelajaran.
Menurut Morisson, Ross & Kemp (2007) terdapat empat komponen dasar dalam perencanaan desain pembelajaran, yaitu :

- Untuk siapa program ini dibuat dan dikembangkan? (karakteristik siswa atau peserta ajar)
Program ini dibuat untuk anak saya.
Bayi  berusia 2 bulan
- Anda ingin siswa atau peserta ajar mempelajari apa? (tujuan)
Hingga bulan ke-6, saya ingin tumbuh kembangnya sesuai dengan usianya
Berusaha mengenal siapa orang disekitarnya, bagaimana lingkungan tempat ia tinggal, dan yang terpenting walaupun ia belum paham, saya ingin dia selalu dekat dengan Rabbnya.
- Isi pembelajaran seperti apa yang paling baik dipelajari? (strategi pembelajaran)
Memberikan stimulasi kepada anak yang sesuai dan tidak berlebihan
Memperdengarkan atau mensuasanakan keislaman yang baik
- Bagaiamanakah cara anda mengukur hasil pembelajaran yang telah dicapai? (prosedur evaluasi)
Menggunakan check list tumbang anak seperti pada gambar berikut





Untuk kedepan, akan saya update selalu sesuai dengan usia anak
Akan saya coba memasukkan kurikulum pembelajaran untuknya, agar tumbuh kembangnya dapat lebih terukur.

Sekian dari saya
Wassalamu'alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...