Belajar Teknik Sipil? Kenapa engga?

Bismillah,
Semua yang kita lalui, pasti ada hikmahnya, kan? Sama seperti cerita kali ini

Waktu memilih jurusan bernama Teknik Lingkungan (TL), sebenarnya saya ga tau sama sekali, bakal belajar apa, bakal kerja dimana. Semua murni dari hasil istikharah.
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan [yang tepat] kepada Engkau dengan ilmu [yang ada pada]-Mu, dan aku memohon kekuasaan-Mu [untuk menyelesaikan urusanku] dengan kodrat-Mu.  
Dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, dan Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.  
Ya Allah, sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih baik untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta [lebih baik pula] akibatnya [di dunia dan akhirat], maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.  
Dan sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih buruk untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta [lebih buruk pula] akibatnya [di dunia dan akhirat], maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.
Doa Sesudah Shalat Istikharah
Bahkan saya baru tau kalo kami juga akan belajar tentang teknik sipil disini. Tapi apa tuh teknik sipil? Saat pertama dengar, kirain itu hal yang sama dengan Pegawai Negeri Sipil, hehe, ternyata bukan.
Tapi memang sebelum masuk ke TL ini, Allah sudah memperkenalkan saya kepada Teknik Sipil, tapi lewat apa?

Dirumah baru aja dipasang TV Kabel, sekitar tahun 2009, dan saat itu sedang iseng liat - liat ada channel apa aja dan menemukan channel bernama National Geographic.
Kalo ga salah saat itu acaranya berjudul Big, Bigger, Biggest atau Megastructure, lupa.

Saat itu, TV ini sedang menampilkan pembangunan Gedung Opera di Sydney, Australia
Video bisa dilihat pada link di bawah foto :)


Karena seru, saya jadi 'mantengin' terus acara TV ini.
Seru liat tiap sesuatunya di susun dengan indah, melihat bagaimana orang melakukan konstruksi, selain itu, banyak pengetahuan didalamnya. Misalnya, AC di Gedung ini dari air laut, luar biasa, Subhanallah. Bisa tau kalo triplek, selain karena warnanya yang indah dan bisa mantulin suara, triplek yang seratnya tidak beraturan itu, jadi lebih kuat dari pada kayu. Selain itu, karena kuat dan ringan, triplek digunakan pada langit - langit ruang utama opera, sebagai pengganti beton. Dan banyaaak lagi, bisa liat sendiri videonya.

Acara yang saya tonton lagi itu tentang pembangunan Pulau Buatan untuk Bandara di Kansai, Jepang


Ini seru banget!
Apalagi pas bagian adanya penurunan dari pulau, dan dengan mudahnya mereka membuka baut pada kolom yang mengalami penurunan untuk menaikkan sisi bangunan dan mengganjal kolomnya, secara bersamaan. Penumpang yang berada di atasnya tidak merasakan apapun loh. #speechless

Ah ya, Indonesia juga mau buat kayak gitu juga, tapi untuk pelabuhan kontainer, letaknya di tanjung priok.  Tadinya mau Kerja Praktek (KP) disitu, salah satu alasannya adalah pengen liat langsung, ga cuma di TV aja. Tapi teryata proyeknya masih lama, kemungkinan tahun ini baru jalan.
Yaa, doakan aja proyeknya itu lancar, aman, dan bisa bermanfaat banyak, dan tentunya, ga mengganggu ekosistem di sekitarnya. Aamiin

Yang ga kalah seru, pembangunan stadion di Afrika Selatan, untuk Piala Dunia 2010.





Agak lupa, Kalo ga salah sebelum dibangun, area dibersihin terlebih dahulu. Ada proses pengeboman, harus serba aman pastinya. Yang saya suka disini saat mereka mengerjakan struktur atap, menggunakan kabel - kabel. Tau kan ya, stadion ini ditengahnya ada lintasan kamera? Nah, itu juga cantik sekali proses pembangunannya.

Dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari :)

Jadi, ketika tau sipil itu apa, saya menikmati setiap prosesnya
Mulai dari menghitung (Mata kuliah statika, mekanika benda padat, analisa struktur), menggambar manual (Mata kuliah Menggambar Teknik), menggambar CAD (Mata kuliah Konstruksi Bangunan), hingga menggunakan software SAP (Mata kuliah Perancangan Struktur).
Insya Allah, Allah pilihkan yang terbaik untuk saya :)

4 komentar:

Ayu Nuradi mengatakan...

baca postingnya eby yang ini jadi cengar-cengir sendiri hehehe. Sayang, yang geotek kesebut sedikit :p

Febry Dahyani mengatakan...

Hehehe
eh, aku juga komen di salah satu posting kamu loh, pe, cek deh :D

Oia, pas ngecek di webnya NGC, ternyata ada proyek yang deep tunnel-nya Inggris, pe
Ini baru mau nyari video lengkapnya
Jadi pengen liat juga

Ayu Nuradi mengatakan...

ohh yang menghubungkan Inggris-Perancis yg nyebrang selat channel ya?

oiya, aku jg udah bales by komen kamu hehe

Febry Dahyani mengatakan...

iyaa, tapi ga nemu pe link video yang fullnya :(

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...