Jurnal Bunda Cekatan #16

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

Tugas minggu ini mengagetkan sebetulnya hihi
Karena kami diminta untuk bercakap langsung dengan mentor atau mentee lewat video call atau call saja bebas, saya langsung bagi kedua subtopik saja yaa

1. MENTEE - MEMBENTUK KARAKTER ANAK DENGAN BERKISAH




Kami memulai percakapan dari alasan saya memilih berkisah sebagai skill yang ingin saya dalami. Kami berkenalan kembali untuk lebih mengakrabkan diri, kemudian saya menyampaikan beberapa hal di atas. Selanjutnya saya juga menyampaikan, hal-hal apa saja yang ingin saya ketahui dalam berkisah, seperti:
1. Kisah adalah kurikulum Rasulullah, bahkan kisah adalah 1/3 isi dari Al Qur'an.
Berkisah adalah cara mendidik, menegur, menasehati, dan untuk diambil pelajaran dari setiap kejadian
2. Saya memiliki literatur untuk berkisah berupa buku kisah tentang Nabi dan shirah Rasulullah

Saya juga menyampaikan target atau hal yang khusus ingin dipelajari dalam berkisah:
1. Batasan dalam berkisah, apa yang boleh dan tidak boleh disampaikan
2. Bagaimana menggali ibroh dalam suatu kisah sehingga terpatri dalam benak anak, sebagai sarana menumbuhkan keimanan, akhlak, adab, juga sebagai sarana nasehat
3. Bagaimana membuat kurikulum kisah
4. Bagaimana menyampaikan kisah yang baik dan benar

Mentor saya juga menyampaikan assessment skillnya yaitu sebagai berikut:

Diakhir percakapan bunda Roza menyarankan satu buku berjudul 5menitCLBK yang Alhamdulillah sudah saya punya dan masih saya dalami.

2. MENTOR - MENDESAIN DENGAN POWERPOINT
Alhamdulillah dari 4 mentee, saya sudah menghubungi langsung 2, sedangkan 2 lagi masih sebatas chat, insya Allah bila ada waktu nanti akan saya coba lagi untuk menghubungi
Dari ke-4 mentee ini, 2 diantaranya memang sudah banyak menggunakan PPT terutama untuk menyampaikan materi, sedangkan yang 2 lagi masih belum familiar
Dari 4 orang mentee ini, keempatnya ingin sekali belajar tentang animasi dalam PPT, saya pun menyampaikan beberapa karya yang masih belum maksimal ini hehe kepada teman-teman mentee


1. Membuat presentasi Presentasi Sharing session samkabar: https://bit.ly/2OXAJXu
2. Mendesain flyer Sudah pernah saya share
3. Membuat video dengan ppt
Video Hima Samkabar: https://www.facebook.com/363636907771910/posts/645218176280447/
Video potluck: https://youtu.be/Q6jdctjur5I

Kami juga sempat membahas tentang beberapa tools atau fitur dalam PPT diantaranya menghapus background, mendownload template dan font
Mengapa? Karena saya rasa ini salah satu hal mendasar dalam menggunakan PPT


Alhamdulillah minggu depan libur dulu insya Allah lanjut lagi setelah lebaran
Barakallahu fiikum
Semoga berhasil menjadi kupu-kupu cantik, aamiin

Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Febry di Sanga-sanga Kaltim
IP Samkabar

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...