Jurnal Bunda Cekatan #4

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah sudah sampai di penghujung kelas telur-telur
Minggu ini kami mendapat materi dari Pak Dodik tentang bagaimana Mind Map
Mulai dari cara pembuatan, fungsinya, dll
Mind map itu sendiri pada kelas telur ini, kami buat untuk membantu kami melihat apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai suatu keterampilan
Harapannya, dengan mind map, kita tidak tersesat dalam gelombang informasi yang terjadi saat ini
Supaya sadar dan memilih apakah suatu ilmu itu 'menarik' dan kita 'tertarik' (penting tidak untuk kita)

Mind map yang saya buat berarti adalah mind map versi saya, yang saya pahami dan memudahkan saya untuk membacanya
Selain itu, setelah saya pikirkan kembali 5 telur orange yang sudah saya buat, ternyata dalam waktu 5 bulan kedepan, saya akan fokus mengulik 3 telur saja, karena subtopik didalamnya juga sudah banyak.
Berikut adalah peta belajar saya yang saya namakan Wonderful Journey



Seperti yang disampaikan Ibu Septi, di kelas telur ini adalah waktunya mempersiapkan, planning, sehingga saya pun berpikir kembali, apa lagi yang saya perlukan agar tidak menganggu saat 'memakan' ilmu
'Aha' ternyata saya perlu Lesson Plan lebih rinci, agar saya tidak kehilangan arah, karena akan banyak yang saya pelajari
Saya adalah tipe yang bosenan, jadi saya mencoba membagi tiap topik dalam beberapa minggu.
Namun apabila satu subtopik dapat saya 'kejar', maka plan ini dapat berubah sewaktu-waktu
Adapun detailnya adalah sebagai berikut.


Ada satu hal lagi yang ingin saya buat sebelum masuk ke dalam The Jungle of Knowledge, yaitu lembar kerja per harinya, tujuannya agar saya terpacu untuk mensarikan apa yang telah saya pelajari tiap harinya, dan melakukan perubahan dari apa yang saya pelajari.
Berikut saya bagikan formatnya.


Alhamdulillah, semakin excited saya untuk belajar lebih lagi.
Harapannya, ilmu yang nanti saya pelajari semakin membuat telur hijau saya terang benderang, dari bahagia makin bahagia. Aamiin
Semoga Allah mudahkan jalan ini

Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Febry di Sanga-sanga Kaltim
IP Samkabar
3119441561

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...