Jurnal Bunda Cekatan #3

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah sudah masuk minggu ke-3 setelah libur panjang
Minggu ini kami diminta untuk lebih dalam mengenal diri sendiri
Materi minggu ini adalah tentang menemukan cara belajar dan planning mau belajar apa sih kedepan

kami harus menggali apa saja ilmu yang mendukung telur merah, agar dapat terampil
Karena ini adalah perkuliahan, maka kami diminta maksimal 5 ilmu saja yang dipelajari selama 5 bulan kedepan
Maka dari itu, saya mencoba membuat tabel penurunan dari keterampilan yang berisi ilmu yang dibutuhkan dan mengklasifikasikan ke penting-mendesak
Hasilnya seperti ini.


Setelah itu, saya pilah lagi agar menjadi hanya 5 saja yang dimasukkan ke telur orange.
Sebenarnya, ketika masa libur kemarin, saya mengerjakan telur merah yang menurut saya penting dan mendesak dan mudah dikuasai dalam waktu singkat
Seperti yang ada pada gambar, warna biru artinya sudah saya kuasai Alhamdulillah tinggal implementasi dan evaluasi, sedangkan warna abu-abu artinya akan dipelajari nanti setelah kelas buncek.


Tugas ini agak tricky menurut saya, karena saya harus bisa menyusun jurnal ini dengan baik dengan atau tanpa format yang diberikan, agar saya sendiri enak bacanya gitu hihi
Langkah selanjutnya menurut saya, yaitu berkembang menjadi pelajar yang mandiri
Seperti yang disampaikan Ibu Septi, pelajar mandiri itu adalah yang
1. Komitmen pada tujuan
Agar kemanapun akhirnya kita mencari ilmu, kita tidak kehilangan arah, tetap pada suatu titik tujuan awal. Maka ini harus dikuatkan strong why nya dan tidak lupa untuk diniatkan karena Allah agar dicatat sebagai ibadah

2. Mandiri pada cara
Di kelas bunda cekatan ini kita belajar merdeka, merdeka belajar.
Merdeka belajar bukan freedom melainkan independent
Maksudnya, tiap kita itu tidak bergantung pada ada tidaknya guru, ada tidaknya yang melihat mengapresiasi, kita akan terus dan tetap belajar, mencari ilmu dari manapun sumbernya.
Yang perlu digarisbawahi adalah setiap orang punya caranya sendiri untuk mencari ilmu, maka kita harus cari itu sampai ketemu, sehingga ritme belajar semakin cepat, dan kita semakin bahagia.

3. Refleksi diri
Tidak lupa refleksi evaluasi dari implementasi, karena kita punya tujuan mulia, maka harus dicek lagi apakah ilmu yang diaplikasikan membuat makin bahagia ataukah tidak.

Kembali ke telur orange, inilah dia diagramnya.


Dari sini saya bisa lihat bahwa ada 5 ilmu dari 3 telur merah yang akan saya dalami.
Terkait tujuan pada tiap telur merah sebenarnya sudah saya tuliskan di jurnal sebelumnya, dan akan saya bahas yang 3 saja disini.

A. Tujuan belajar saya & ilmu yang saya perlukan
1. Manajemen Emosi
Tujuan : Mengatur emosi agar tersalurkan dengan baik
Ilmu : Pengendalian diri
Saya ingin belajar untuk mengendalikan diri terutama saat-saat tidak kondusif yang membuat saya kesal, marah.
Juga termasuk didalamnya belajar sabar, tidak terburu-buru, dll

2. Komunikasi Produktif
Tujuan : Menjalin komunikasi yang baik dengan suami dan anak
Ilmu :  Poin komunikasi produktif
Diantara poin komunikasi produktif adalah clear and clarify, KISS, intonasi, dll

3. Membuat Agenda Bermain Anak
Tujuan : Agar anak-anak bisa berkembang dengan baik dan sesuai fitrahnya
Ilmu : Visi Misi Pendidikan Anak, Fitrah Based Education, dan KPSP
Untuk membuat agenda bermain anak, saya sadari bahwa termasuk diantaranya memasukkan nilai-nilai dalam Islam, membangun fitrahnya, oleh karena itu, ilmu-ilmu diatas ingin saya dalami untuk nantinya saya mudah membuat agenda bermain mereka.

B. Sumber ilmu
Sumber ilmu yang saya gunakan dalam belajar adalah sebagai berikut tidak terbatas pada:
1. Al Qur'an dan Hadits Shahih
2. Buku terkait
3. Kajian atau materi di Youtube
4. Kuliah online
5. Datang seminar
6. Bertanya pada yang berpengalaman
7. Dll menyesuaikan

C.  Cara belajar yang gue banget
Cara belajar yang saya rasa saya banget, dan ini yang saya lakukan ketika dulu mengerjakan skripsi.
Alhamdulillah skripsi lancar jaya, bahkan langsung diminta sidang sama dosen pembimbing, padahal saya waktu itu belum bimbingan lagi selama 3 bulan, karena sibuk mencari literatur.

Ini dia cara belajar saya:
1. Baca/nonton/ dengar
Banyak mencari ide literatur untuk membuat sesuatu, sesekali mencatat resumenya atau ringkasan inti materi
Karena saya seperti nya termasuk orang kinestetik, jadi saya harus mengetahui contoh sebanyak-banyaknya

2. Menyusun kerangka pemikiran
Setelah membaca akhirnya memutuskan kerangka kerja, apa saja yg ingin saya cari dan rumuskan dalam suatu masalah
Apa saja yang saya ingin tulis didalamnya
Karena saya itu termasuk orang yang keras kepala dan saklek, jadi saya tidak mau mengulang kembali 'pencarian' dari awal, makanya akan lama pada tahap no. 1, dan ketika sudah ketemu yang ingin dilakukan dirumuskan pada tahap ini, dan akan lebih mudah kedepannya
Ini biasanya saya tulis dalam bentuk poin2 sehingga nanti tinggal diisi poin2 tsb

3. Membuat naskah/portofolio dari A-Z
Poin-poin yang sudah ada siap diisi, termasuk didalamnya biasanya adalah target & program

4. Mencari dan melakukan
Apabila perlu ada eksekusi atau implementasi dari poin no. 3, maka harus segera dikerjakan, entah itu mencari barang pendukung dll

5. Evaluasi
Tidak lupa juga evaluasi setelah implementasi, dan apabila poin no.2 dirasa kurang segera ditambahkan.

Sekian jurnal ketiga ini
Semoga Allah lancarkan

Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Febry di Sanga-sanga Kaltim
IP Samkabar
3119441561

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...